Materi DATA LINK LAYER Kendali Kesalahan

DATA LINK LAYER 

Kendali Kesalahan

Tujuan dilakukan pengontrolan terhadap error adalah untuk menyampaikan frame-frame tanpa error, dalam urutan yang tepat ke lapisan jaringan. 

Macam-macam kendali kesalahan (error control) adalah :

1. Stop and Wait ARQ (Automatic Repeat Request)

Stasiun pengirim mengirimkan sebuah frame, kemudian harus menunggu balasan dari penerima. Tidak ada frame data yang dapat dikirimkan sampai stasiun penerima menjawab kedatanganm pada stasiun pengirim.

2. Go-back N ARQ

Aliran frame untuk mekanisme ini ada pada sebuah jalur full duplex. Misalkan ketika frame 2, 3, 4 ditransmisikan dari stasiun A ke B , sebuah ACKnowledgment (ACK) dari penerimaan sebelumnya frame 1 mengalir dari B ke A. Kemudian frame 2 diterima dalam kondisi error. B mengirim sebuah Negative Acknowledgment (NAK) ke A yang diterima setelah frame 5 dikirimkan tetapi sebelum A siap mengirim frame 6. Sekarang harus dilakukan pengiriman ulang frame-frame 2, 3, 4 dan 5 walaupun hanya pada frame 2 terjadi kesalahan.

3. Selective Report ARQ

Pada mekanisme ini sebenarnya mirip dengan mekanisme go-back N ARQ, bedanya pada selective report ARQ yang dikirmkan hanyalah frame yang terjadi kesalahan saja.


Baca Juga Artikel Yang Lain Ya ....✏

Bacaan Populer Bro

Pengertian dan Cara Kerja PBX dan PABX

Pengertian Plaintext dan Ciphertext

Keuntungan dan kerugian model OSI

Materi DATA LINK LAYER Masalah-masalah Rancangan